Kamis, 22 Desember 2016

Apa itu ASMA ?

Kata asma berasal dari bahasa Yunani (asthma) yang berarti “sukar bernafas”. Asma (Bronchial asthma; Exercise-induced asthma) adalah suatu keadaan dimana saluran nafas mengalami penyempitan karenahiperaktivitas terhadap rangsangantertentu yang menyebabkan peradangan. Penyempitan saluran nafas ini hanya bersifat sementara,  dan hal ini paling sering terjadi pada tengah malam menjelang dini hari.
Pada penderita asma, penyempitan saluran pernafasan merupakan respon berlebih terhadap rangsangan yang pada paru-paru normal sebenarnya hal ini tidak akan mempengaruhi pernafasan. Penyempitan saluran nafas ini dapat dipicu oleh berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin, atau aktivitas yang melelahkan.
Pada kasus serangan asma, otot polos dari bronki mengalami kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan karena adanya peradangan and pelepasan lendir ke dalam saluran udara. Hal ini akan memperkecil diameter dari saluran udara (disebutbronkoknstriksi), dan penyempitan ini menyebabkan penderita harus berusaha sekuat tenaga untuk dapat bernafas.
Sel-sel tertentu di dalam saluran udara (terutama sel mast) diduga menjadi penyebab utama dari awal terjadinya penyempitan ini. Sel mast di sepanjang bronki melepaskan bahan seperti histamin danleukotrien yang menyebabkan terjadinya kontraksi otot polos, peningkatan pembentukan lendir, dan perpindahan sel darah putih tertentu ke bronki.
Penyakit asma adalah penyakit yang mempunyai banyak faktor penyebab, dan yang paling sering diantaranya adalah disebabkan oleh faktor atopi atau alergi. Faktor-faktor penyebab dan pemicu penyakit asma lainnya antara lain ialah debu rumaha dengan tengaunya, bulu binatang, asap rokok, asap kendaraan/pabrik, asap obat nyamuk, dan lain-lain.
Penyakit asma paling banyak terjadi pada anak-anak dan berpotensi mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit genetik (keturunan). Hampir sekitar  30% penyakit asma diturunkan dari orang tua, terutama oleh Ibu. Orang tua penderita asma kemungkinan untuk menurunkan asma kepada anaknya 8-16 kali dibandingkan dengan orang tua yang bukan penderita asma.
Frekuensi dan beratnya serangan asma bervariasi. Beberapa penderita lebih sering terbebas dari gejala dan hanya mengalami serangan-serangan sesak nafas yang singkat dan ringan, yang terjadi sewaktu-waktu. Penderita lainnya hampir selalu mengalami batuk-batuk dan mengi (bengek) serta mengalami serangan hebat setelah menderita suatu infeksi virus, olahraga, atau setelah terpapar olehallergen maupun iritan. Menangis atau tertawa keras juga bisa menyebabkan timbulnya gejala.
GEJALA ASMA
Suatu serangan asma atau  inflamasi atau radang kronik pada saluran pernafasan dapat  menyebabkan peningkatan gejala episodik berulang  dan terjadi secara tiba-tiba. Hal ini ditandai dengan nafas yang berbunyi (wheezing, mengi, bengek, atau nafas berbunyi ngik-ngik), sesak nafas, dada terasa berat, dan batuk-batuk. Serangan ini biasanya menyerang pada tengah malam menjelang dini hari. Bunyi mengi terutama terdengar ketika penderita menghembuskan nafasnya. Di lain waktu, suatu serangan asma terjadi secara perlahan dengan gejala yang secara bertahap semakin memburuk.
Pada dua keadaan tersebut, yang pertama kali dirasakan oleh seorang penderita asma adalah sesak nafas, batuk atau rasa sesak di dada. Serangan bisa berlangsung dalam beberapa menit atau bisa berlangsung sampai beberapa jam, bahkan beberapa hari. Pada serangan yang sangat berat, penderita menjadi sulit untuk berbicara karena sesaknya sangat hebat. Meskipun telah mengalami serangan yang sangat berat, biasanya penderita akan sembuh dengan sempurna.
Sensai kebingungan, letargi (keadaan kesadaran yang menurun, dimana penderita seperti tertidur lelap, tetapi dapat dibangunkan sebentar kemudian segera tertidur kembali) dan sianosis (kulit Nampak kebiruan) merupakan pertanda bahwa persediaan oksigen penderita sangat terbatas dan perlu segera dilakukan pengobatan.
Kadang beberapa alveoli (kantong udara di paru-paru) bisa pecah dan menyebabkan udara berkumpul di dalam rongga pleura atau menyebabkan udara terkumpul di sekitar organ dada. Hal ini akan memperburuk sesak yang dirasakan oleh penderita.
PENYEBAB ASMA
Timbulnya gejala asma seperti batuk, sesak napas dapat disebabkan oleh faktor-faktor yang tidak spesifik, seperti udara dingin, polusi, perubahan tekanan udara, faktor psikis dan kelelahan. Penyebab dasar munculnya asma adalah menyempitnya saluran nafas(bronchus), pembengkakan permukaan saluran nafas (edema bronchus) dan berlebihannya produksi lendir (hipersekresi).
Gejala asma adalah sesak napas dan batuk yang berulang. Untuk mengetahui berat ringannya serangan asma, maka harus diperhatikan seberapa sering, lama dan seberapa hebatnya serangan, serta seberapa lama seorang penderita bebas serangan.
Sedangkan untuk mengetahui penyebabnya, perhatikan waktu atau kegiatan penderita sebelum mendapat serangan. Pikirkan, misalnya udara, rokok, makanan/minuman, debu, kegiatan fisik, infeksi, obat-obatan dan lain sebagainya. Yang tidak kalah pentingnya adalah membuat catatan, sehingga dapat diperoleh gambaran yang jelas tentang penyebab terjadinya asma. Di dalam keluarga, biasanya mempunyai riwayat asma atau alergi.
MILAGROS dan ASMA
MILAGROS sebagai air dengan kandungan antioksidan, alkali, dan skalar energi adalah asupan yang sangat disarankan bagi penderita asma. Hal ini dikarenakan antioksidan MILAGROS akan mempersempit ruang gerak sel-sel hipersensitif pencetus asma. Selain itu kealkalian atau kadar basa MILAGROS akan menyediakan lingkungan yang aman bagi regenerasi sel sistem saluran pernafasan sehingga kinerja sistem ini dapat meningkat dengan baik. Kedua fungsi di atas (antioksidan dan alkali) akan menjadi semakin maksimal ketika produk ini (MILAGROS) ditopang oleh energi sekalar yang kuat. 2 botol MILAGROS di pagi hari adalah asupan terbaik untuk membuka aktivitas harian bagi penderita asma.

Info Product : 083811986497

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Milagros adalah pilihan bijaksana bagi kesehatan keluarga.
Ingin tahu apa itu milagros ?
Dan apa manfaat air ini untuk tubuh kita ?
Info Produck ,pemesanan ,dan pendaftaran keagenan :
083811986497